Baca Juga

perpustakaan-digital

Peningkatan mutu layanan perpustakaan oleh pemustaka di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dilakukan dengan menambah dan memperbaiki fasiltas perpustakaan. Peningkatan  berbagai kegiatan untuk memotivasi dan menstimulus civitas akedemika, sehingga tertarik dan akan selalu mengunjungi serta memanfaatkan fasilitas yang ada di Perpustakaan UMM.


Salah satu fasilitas yang sudah ada sejak lama yaitu Muhammadiyah Corner, diharapkan mampu mempertahankan minat baca maupun literasi civitas akademika. #khairpedia


Keberadaan Muhammadiyah Corner di lantai 1 Perpustakaan Pusat UMM telah di lengkapi berbagai fasilitas antara lain :

  • ruang baca, 
  • televisi, 
  • koleksi cetak dan digitasl tentang kemuhammadiyahan mulai dari sejarah, tokoh – tokoh muhammadiyah dan lain sebagainya. 


Muhammadiyah Corner merupakan lokasi edukasi representative dan nyaman untuk aktivitas membaca maupun berdiskusi bahkan melakukan aktivitas yang bermanfaat lainnya.

Kehadiran Muhammadiyah Corner sebagai suatu keharusan dalam Perpustakaan karena perpustakaan UMM menjadi bagian dari Universitas Muhammadiyah Malang yang berada di bawah naungan  organisasi Muhammadiyah.


Muhammadiyah Corner | UMM

Pengembangan Muhammadiyah Corner untuk memenuhi kebutuhan ilmiah tentang keislamam dan kemuhammadiyahan yang bisa dimanfaatkan pemustaka untuk penelitian ataupun sebagai refrensi tugas ilmiah.


Melalui perbaikan dan memberikan ruangan khusus bagi Muhammadiyah Corner, serta penambahan beberapa koleksi cetak dan digital bertujuan supaya menjadikan Muhammadiyah Corner salah satu sarana meningkatkan wawasan dan informasi tentang Muhammadiyah dan sepak terjangnya serta kontribusinya pada bangsa dan Negara. #khairpedia

perpustakaan-online-gratis-untuk-mahasiswa


Muhammadiyah Corner dapat dijadikan sebagai museum mini sehingga dapat menampung dan melestarikan berbagai informasi tentang Muhammadiyah.


Bukan hanya mengembangkan Muhammadiyah Corner atau unit – unit lain dengan berbagai fasilitasnya untuk supaya kelihatan megah dan mewah secara fisik, namun perbaikan fasilitas dan kualitas akan mampu memperkenalkan dan menarik minat pengunjung perpustakaan, hal ini adalah tugas dan tanggung jawab dari dari Unit Perpustakaan UMM untuk melakukan pengolahan bahan pustaka secara terstruktur.


Perpustakaan Online Gratis Untuk Mahasiswa

Mahasiswa selain mengunjungi perpustakaan secara langsung, juga dapat berkunjung atau meminjam koleksi buku digital melalui perpustakaan online. Berikut situs internet atau website yang dapat dikunjungi sebagai sarana menambah koleksi atau bahan referensi :


Public Domain

Berbagai macam buku populer tersedia untuk dapat diakses gratis oleh publik tanpa harus bergabung sebagai anggota. Ribuan koleksi buku bisa dikunjungi melalui situs feedbooks. Genre buku beragam mulai dari sains, filsafat, sosiologi, sejarah sampai dengan buku cerita rakyat internasional dapat diakses.


Free E-Books

Dimana dpaat menemukan buku internasional berbahasa Inggris secara gratis? Silahkan akses situs perpustakaan online dari free-ebooks. Berbagai macam jenis buku non-fiksi dan fiksi tersedia, bahkan menyediakan penawaran menarik untuk para pembaca dan penulis buku, melalui cara bergabung sebagai anggota. Kemudian pengguna dapat men-download lima buku gratis setiap bulan.


Project Gutenberg

Koleksi dengan lebih dari 60.000 e-Book yang bisa diakses bahkan di download gratis. Project Gutenberg adalah proyek dari beragam tipe genre dalam domain publik. Fokus pada berbagai karya lama yang masa hak ciptanya habis. Berbagai macam teks akademik, buku dan berbagai dokumen dapat ditemukan. Perpustakaan online ini dapat dikunjungi dengan mengakses gutenberg.


World Digital Library

Library of Congress of the United States menyelenggarakan perpustakaan online sebagai salah satu perpustakaan digital terbaik di dunia. UNESCO mendukung perpustakaan online ini sejak tahun 2009, koleksi yang dimiliki sangat lengkap setara dengan perpustakaan digital bertaraf internasional. Perpustakaan digital ini hadir bertujuan menyebarluaskan ilmu dengan cakupan global.


European Digital Library

Berbagai macam literatur dan referensi dari Benua Eropa dapat diakses dari elektronik library ini. Lebih dari dua juta link untuk mengakses konten buku, peta, lukisan, film dan musik. Pengunjung dapat menemukan berbagai referensi secara lengkap bahkan dapat lebih mengeksplor ketika melihat jauh ke dalam koleksi European Digital Library. #khairpedia

Z-Libary

Perpustakaan online paling lengkap menyajikan berbagai macam artikel ilmiah, buku, jurnal ilmiah internasional bahkan berbagai penelitian yang dapat diakses gratis. Referensi berbagai buku internasional dapat dicari dalam perpustakaan online secara cuma-cuma. z-lib sangat cocok untuk mencari novel terkenal dan populer melalui link download.

Library Genesis

Website perpustakaan online gratis sangat dikenal oleh mahasiswa dengan koleksi yang sangat lengkap, menyediakan berbagai macam buku digital. Hanya mengetik judul buku atau nama penulis, sehingga langsung memperoleh buku yang diinginkan. Bukan hanya buku yang dapat diakses, namun karya ilmiah seperti jurnal dan disertasi dpaat diakses dengan mudah. Kemudian novel, buku fiksi, dan koran internasional juga tersedia. #khairpedia


Perpustakaan digital dan elektronik semakin dikembangkan karena membantu mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir, bahkan Kemenristek/BRIN segera memberlakukan syarat kelulusan bagi mahasiswa untuk publikasi jurnal ilmiah elektronik.