Khair Media

Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

Iklan Billboard

Pelatihan Pengelolaan Web Sekolah oleh Dosen Universitas Muhammadiyah

Author
Published Oktober 22, 2021
Pelatihan Pengelolaan Web Sekolah oleh Dosen Universitas Muhammadiyah
pelatihan-website-sekolah

Lahirnya UMKO untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Kotabumi adalah perguruan tinggi penggabungan STKIP dan STIH Muhammadiyah Kotabumi. Izin penggabungan menjadi Universitas Muhammadiyah Kotabumi ditandai dengan dikeluarkannya SK/Izin Penggabungan No. 477/KPT/I/2019 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.


Dalam penggunaan teknologi yang semakin maju, harus diiringi juga dengan sumber daya manusia yang mampu menggunakannya. Bagi konsumen keadaan ini menguntungkan, karena dapat memilih sekolah dengan mudah. Akhirnya tercipta persaingan antar sekolah dan mengakibatkan jumlah siswa yang mendaftar berkurang. Hal ini membuat pihak sekolah berpikir untuk meningkatkan kualitas sekolahnya, namun kualitas bukan satu-satunya jalan untuk menarik konsumen. Konsumen mempunyai banyak pertimbangan ketika memilih sekolah untuk anaknya.


Dosen Universitas Muhammadiyah Kotabumi pun memiliki inisiatif untuk melakukan pelatihan pengelolaan web dan promosi sekolah. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode Pelatihan. Agar kegiatan dapat berjalan dengan efektif, Dr. Purna Bayu Nugroho, M.Pd., selaku ketua tim hibah pengabdian masyarakat ini, menghadirkan dua orang narasumber yakni, Khusnul Khotimah, S.Kom., M.T.I. dan Feby Musti Ariska, S.P., M.Si. Hasilnya adalah peserta yang tadinya sudah mengerti bertambah mengerti, terutama pada bagian tips promosi peserta mengakui banyak belajar hal baru.


Sehingga, dari hal ini dapat terlihat bahwa kewajiban sekolah bukan hanya memerhatikan kurikulum dan fasilitas secara umum tetapi pelayanan yang maksimal dari seluruh lapisan karyawan di sekolah juga perlu diperhatikan.


Kegiatan dilaksanakan pada hari ini, dimulai pukul 09.00 s.d. Selesai dengan peserta adalah guru-guru dari SMP 01 Muhammadiyah Kotabumi, dan dilaksanakan di laboratorium komputer milik SMP 01 Muhammadiyah Kotabumi.


Teknologi WEB sudah tidak asing lagi di seluruh lapisan masyarakat dimanapun mereka berada. Teknologi Website telah memberikan efek perubahan pola komunikasi dan bisnis pada perusahaan dengan konsumen. Penting bagi pegawai pemerintah daerah atau pegawai perusahaan untuk mampu mendesain Website berdasarkan fakta tersebut di atas.


Website merupakan salah satu fitur utama dari internet yang merupakan media penyebaran informasi, media interaksi secara online dan media untuk berbagi informasi secara realtime. Informasi pada website dapat disajikan dalam bentuk multimedia (teks, grafik, gambar, suara, dan video), sehingga memudahkan pengaksesnya untuk memahami informasi yang disampaikan.


Peluang kerja di bidang internet juga masih sangat terbuka luas. Industri internet mengalami perkembangan yang sangat menakjubkan. Kebutuhan akan Web Development dan tenaga Web Desainer amat sangat diperlukan. Perkembangan internet itu juga membawa dampak positif bagi kemajuan usaha di segala bidang, salah satunya adalah karena terus bertambahnya jaringan internet yang terus meluas.


UMKO (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)

Jumlah program studi Universitas Muhammadiyah Kotabumi adalah sebagai berikut: Agribisnis, Agroteknologi, Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak, Sistem Teknologi Informasi, Ilmu Komunikasi, Hukum, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani.

Halaman

Copyright ©